Hanebado!

complete Review

Sejak awal episode pertama, anime ini sukses memenuhi harapan saya. Ya. Lagi-lagi, Jepang sukses memproduksi anime sport yang luar biasa!

Biasanya saya selalu mengawali pembukaan review dengan menuliskan alasan kenapa saya menonton anime tersebut. Namun kali ini saya akui saya tidak memiliki alasan yang cukup bermutu untuk memutuskan menonton Hanebado! Sepenuhnya karena saya membutuhkan asupan gadis yang sporty namun animenya minimal fanservice atau dengan kata lain tidak ecchi. Dan, seperti yang mungkin Anda ketahui, untuk Summer 2018 ini, ada dua pilihan anime girls’ sport: Hanebado! dan Harukana Receive, dimana pada Harukana Receive jelas-jelas tertera genre ecchi. Tidak tertera pun sudah jelas.

Jadi untuk yang memang niatnya cari asupan fanservice, silahkan tinggalkan post ini :v . Ini memang masalah suka-atau-tidak-suka, dan saya pribadi tidak begitu membutuhkan fanservice yang menurut saya malah mengganggu animenya.

 

Tipe : TV Series

Genre : Sports, Seinen

Status : Finished Airing (2 Juli 2018 – 1 Oktober 2018)

Studio : LIDENFILMS (ngga tau studionya? ah ngga mungkin.. berikut hasil garapannya: Yamada-kun to 7-nin no Majo, RokuAka, Arslan Senki, Berserk, Terra Formars, dll)

Sumber : Manga (Story & Art by Hamada Kousuke. Terbit sejak 7 Juni 2013)

Director : Ezaki Shinpei (Bungaku Shoujo, Gunslinger Stratos, dll)

Character Design : Kimura Satoshi (RokuAka, Terra Formars)

OP Theme Song : “Futari no Hane” by YURiKA (OP theme song performer of Little Witch Academia and Houseki no Kuni)

ED Theme Song : “High Stepper” by Yuiko Ohara

 

Sinopsis :

Ayano Hanesaki adalah siswa kelas satu SMA Kitakomachi di Prefektur Kanagawa yang memiliki bakat badminton luar biasa yang mampu membuatnya melampaui usaha keras orang lain dengan mudah. Sayangnya, ia menghindari untuk bermain badminton. Di SMA tersebut, ia bertemu dengan Nagasaki Aragaki, siswa kelas tiga yang berlatih sangat keras demi menjadi pemain terbaik di Jepang. Didorong oleh pelatih Tachibana Kentarou, dan dukungan rekan-rekan klubnya, serta semangat yang ditularkan oleh berbagai saingannya, Ayano dan Nagasaki terlibat dalam olahraga yang penuh semangat muda dan mendebarkan layaknya shuttle yang terbang dengan kecepatan tinggi!

 

 

Review :

———Kemewahan Animasi———

Saya akan bahas hal yang sejak pertama paling jelas dan menarik perhatian terlebih dulu. Digarap oleh LIDENFILMS tentunya Anda tidak perlu meragukan animasi yang akan memikat mata Anda dalam sekejap. Tentunya animasi yang bagus, cepat, dan detail sangat diperlukan oleh anime sport. Dan LIDENFILMS sukses memenuhi harapan saya. Ditambah, Anda pasti tahu betapa bagus dan detailnya anime jepang di genre sport. Astaga. Sejak episode pertama ini, seluruh scene sportnya dibuat dengan sangat baik dan detail. Saya jamin Hanebado! benar-benar memuaskan pecinta anime sport.

Dan tidak hanya di scene sport saja. Ada banyak scene yang sengaja dibuat lebih eksklusif dari biasanya. Mulai dari detail kecil, sudut pengambilan gambar, dsb akan Anda temukan dan sadari di sepanjang anime ini.

 

———Genre———

Memang di atas sudah jelas tertera genre anime ini adalah sports dan seinen. Tapi saya ingin memperjelas genre dan suasana seperti apa yang bermain di anime ini. Tidak tertulis dalam informasi, namun bukan anime sports kalau tidak dibarengi dengan drama. Dan apalagi, ini adalah anime girls’ sport. Jadi genre drama cukup banyak mengambil porsi di anime ini. Tangis, semangat yang meluap-luap, hal-hal seperti itu membumbui anime ini dengan baik.

Salah satu nilai plus lain yang dimiliki Hanebado! adalah adanya jenis drama yang tidak dimiliki oleh anime sport lain. Saya rasa tidak spoiler, jadi saya katakan saja, di anime ini ada drama yang melibatkan konflik dengan orang tua. Dan drama tersebut mengambil porsi yang cukup banyak hingga bisa dibilang termasuk drama yang cukup mempengaruhi cerita. Keterlibatan dan konflik dengan orang tua ini benar-benar membuat Hanebado menjadi unik.

Selain itu, tentunya juga bukan anime sports kalau tidak dibarengi dengan kawan yang setia, dan rival yang membuat suasana menjadi tegang sekaligus penuh semangat.

Jadi ya, Hanebado! sama seperti anime sport lain yang telah Anda tonton dan tidak akan mengecewakan.

 

———Karakter Utama———

Sesuai sinopsis, anime ini memiliki dua tokoh utama yang berkebalikan (dari sudut manapun). Hal inilah yang menjadi dasar konflik pada cerita Hanebado!. Perbedaan antara keduanya benar-benar berbeda; Anda dibuat sama sekali tidak bisa melihat mau dibawa seperti apa cerita Hanebado! ini oleh pengarang. Apakah keduanya akan terus bertolak belakang hingga terus menimbulkan konflik, atau dengan cepat bisa berteman, atau bagaimana yang akan terjadi, Anda tidak akan bisa menduga.

Hanya ada satu hal yang sama diantara mereka, yaitu sifat mereka yang masih cukup labil karena masih remaja. Namun lagi-lagi terjadi perbedaan; dimana Nagisa bisa mengatasi kelabilan emosinya dalam waktu singkat, sedangkan Hanesaki memiliki emosi yang benar-benar labil bahkan hingga di akhir episode anime ini. Wow.

Kelabilan emosi Hanesaki ini jugalah yang akan membuat cerita terombang-ambing dalam drama. Namun Hal ini tidak membuat cerita menjadi terlalu dramatis; mengingat memang Hanesaki adalah siswi kelas satu, sedangkan Nagisa kelas tiga. Jadi masuk akal kalau Hanesaki lebih labil emosinya.

Oh ya. Keduanya tentunya dibekali dengan tipikal karakter untuk anime sport. Yang satu pantang menyerah, yang satu berbakat.

 

Hasil gambar untuk hanebado

 

———Lain-lain (kelebihan)———

Ada beberapa kelebihan yang mesti saya sampaikan; yang membuat anime ini memang benar-benar rapi tergarap, sangat logis, dan baguslah pokoknya.

1. Pertandingan (full) antara Hanesaki dan Aragaki hanya terjadi di akhir cerita/episode. (Saya rasa ini bukan spoiler, karena dari opening, dari episode-ke-episode, dll, sudah jelas kalau akhirnya Hanesaki bakal tanding sama Aragaki.)

Hal ini sekilas terdengar biasa, namun ingat kembali, ingat bahwa Hanesaki dan Aragaki ada di sekolah yang sama. Membuat mereka tidak bertanding (termasuk dalam latihan) hingga akhir cerita adalah hal yang sangat sulit. Benar-benar bukan hal mudah untuk ‘menunda’ pertandingan antar kedua tokoh utama ini. Penulis cerita dengan lihainya, dengan cerdasnya, dengan tetap membuat cerita tidak terkesan janggal, sukses menata cerita agar pertandingan antara Hanesaki dan Aragaki hanya terjadi di akhir. Wow.

Selain itu, pertandingan akhir ini benar-benar membuat penonton tidak bisa memprediksi mana yang akan menang. Karena sama-sama satu sekolah. Jangankan memprediksi, saya pribadi saja agak bingung mau mendukung yang mana pada saat menontonnya. Wow. Saya benar-benar terkesan pada ceritanya.

2. Tidak ada romance, tidak ada fanservice. Cerita ini pure difokuskan pada olahraga dan drama kehidupan yang terjadi di dalamnya. Bahkan, ketika wajah gadis-gadis yang cantik dan imut ini memang harus terlihat ‘jelek’ pada waktunya, benar-benar dibuat ‘jelek’. Saya benar-benar suka sesuatu yang ‘nyata’ seperti itu.

 

———Kekurangan———

Rasanya tidak adil dan terkesan menjunjung tinggi anime ini kalau tidak menyebutkan kekurangan. Tentunya ada kekurangan.

1. Beberapa hubungan antar tokoh terkesan tidak jelas. Karena memang tidak memberikan bumbu romance pada ceritanya, sebagai akibat dari itu, ada tokoh-tokoh yang kurang jelas perasaan aslinya/isi hatinya. ‘Jelek’nya lagi, kekurangan ini didukung dengan kekurangan kedua:

2. Sering ada scene ‘bisu’ yang susah ditangkap maknanya. Scene ‘bisu’, atau scene yang menyampaikan pesan melalui ekspresi atau gestur tubuh karakternya (tanpa berbicara), sering sekali ada di anime. Namun di anime ini, saya sering melihat scene seperti ini, namun kurang jelas masudnya apa. Dan biasanya ini terjadi pada karakter yang isi hatinya juga tidak jelas. Sehingga… wow, ketika scene seperti ini muncul, hal ini menimbulkan tanda tanya besar; meskipun memang tidak mempengaruhi ceritanya

 

———Kesimpulan———

Pecinta anime sport? Silahkan masuk pintu terbuka lebar. Suka heroine yang sporty (dan tentunya manis dan cantik)? Ada segudang. Jadi bila anda termasuk salah satu orang (atau bahkan keduanya, seperti saya) yang saya sebutkan, silahkan SEGERA saksikan anime ini. Hanebado! benar-benar salah satu anime sport yang tergarap dengan baik.

 

Season 2?? Melihat status manganya yang masih ongoing, dan ending animenya yang cukup mendukung adanya season 2, saya rasa bisa jadi Hanebado! akan ada season 2-nya. Beberapa diskusi di forum juga mengatakan demikian.

 

PV

 

https://myanimelist.net/anime/37259/Hanebado

Share this post :