Hinamatsuri

complete Review

Jarang sekali bagi saya untuk menonton anime komedi, karena saya tidak menyukai anime yang absurd; biasanya saya lebih memilih anime yang serius, memiliki jalan cerita yang berkualitas, dan ‘bermutu’. Alasan saya memutuskan untuk menonton hinamatsuri karena banyak tanggapan positif dari manganya. Mereka bilang ini adalah manga komedi yang benar-benar lucu dan unik, berbeda dari manga komedi kebanyakan. Selain itu slice of life nya juga bagus, terlihat natural dan tidak terlalu dramatis. Kurang lebih demikianlah kebanyakan komentar yang ditulis netizen untuk manga Hinamatsuri. Di MAL, manganya memperoleh skor 8,47 dari 3.958 suara (24 Juni 2018). Wow, skor yang cukup tinggi untuk manga komedi.

Nah, karena hal-hal diataslah, saya akhirnya memutuskan untuk memberi kesempatan bagi anime ini untuk masuk ke dalam list ‘anime yang saya tonton pada musim ini’.

 

Tipe : TV series

Jumlah Episode : 12

Genre : Comedy, Sci-Fi, Seinen, Slice of Life, Supernatural

Masa Tayang : 6 April 2018 – 22 Juni 2018

Studio : feel.

Sumber : Manga (story & art by Ootake Masao, terbit sejak 15 Juni 2010)

Director : Oikawa Kei (Kono Bijutsubu ni wa Mondai ga Aru!, Outbreak Company, Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru. Zoku, dll)

Character Design & Chief Animation Director : Kanetoshi Kamimoto (Dagashi Kashi, Yosuga no Sora, Dakara Boku wa, H ga Dekinai., dll)

OP Theme : “Distance” by Anzu (CV: Rie Murakawa)

ED Theme : “Sake to Ikura to 893 to Musume” by Yoshifumi Nitta (CV: Yoshiki Nakajima)

 

Pemilihan studio tepat, yaitu digarap oleh studio feel yang telah banyak menghasilkan anime comedy-slice of life. Directornya juga telah berpengalaman mensutradarai berbagai anime comedy-slice of life yang menurut saya bagus. Ditambah, ceritanya yang memang sudah bagus, sejak awal saya sudah memprediksi bahwa anime Hinamatsuri bisa masuk ke jajaran top new title anime musim ini. Dan memang kenyataannya demikian. Anime ini memperoleh skor 8,32, hampir sama dengan manganya. Dan Mengingat ini adalah skor yang diraih setelah anime ini tamat, saya rasa skornya tidak akan berubah signifikan.

 

 

Sinopsis :

Suatu malam, sebuah benda aneh jatuh menimpa kepala Nitta, seorang anggota yakuza. Di dalam benda tersebut berisi gadis aneh bernama Hina; dia memiliki kekuatan supernatural yang luar biasa. Nitta kemudian memutuskan untuk merawat Hina, karena kekuatan supernaturalnya bisa bermanfaat untuk bisnis yakuza. Namun memanfaatkan Hina berarti mengambil resiko besar, karena bisa saja Hina menggunakan kekuatannya untuk menyakiti Nitta; belum lagi jika Hina tidak menggunakan kekuatannya, dia bisa mengamuk dan menghancurkan segala sesuatu disekitarnya.
Kehidupan baru dan aneh Nitta dan Hina kemudian dimulai.

 

Review :

Jujur saja saya tidak mengira kalau anime ini akan memperoleh skor diatas 8. Saya tidak menyangka kalau Hinamatsuri disukai banyak orang. Komedinya menurut saya tidak terlalu lucu, hanya beberapa kali saja saya benar-benar tertawa karena scene komedinya. Untuk komedi, anime ini dengan mudah dapat dikalahkan oleh anime bergenre komedi lainnya.

Setelah berpikir dan menonton kembali anime ini (dengan cepat tentunya), akhirnya saya teringat dan mengerti kenapa anime ini bisa memperoleh skor 8 keatas. Apa yang membuat anime ini bagus tidak sepenuhnya di komedi; meskipun komedi adalah genre utamanya, dan alasan kebanyakan orang memutuskan menonton anime ini karena genre komedi. Anda tentunya akan disuguhkan dengan segudang scene komedi, namun ada sisi lain dari anime ini yang akan membuat anda tertarik dengan Hinamatsuri.

Menggunakan tokoh utama yang merupakan seorang gadis kecil aneh dengan kemampuan supernatural, dan menyandingkannya dengan seorang anggota yakuza adalah kombinasi yang unik dan berhasil menghasilkan cerita yang unik juga tentunya. Karena mereka, kita mendapatkan kombinasi latar dan suasana yang berbeda dalam satu anime. Yaitu nuansa dan latar kekanak-kanakan, dan nuansa yakuza. Ini adalah salah satu keunikan dari anime ini yang terus terasa dari awal hingga akhir cerita. Untuk anime komedi, tentunya harus memiliki suatu keunikan yang membuat anime ini berbeda dengan anime komedi lainnya, sekaligus membuat anime ini menarik. Dan menurut saya penulis cerita berhasil melakukannya.

Selain itu, genre lain yang cukup sering hadir, dan membuat anime ini bagus adalah slice of lifenya. Telah saya sampaikan di atas, studio dan sutradara anime ini telah berpengalaman dalam anime comedy-SoL. Anda harus tahu bahwa anime ini juga menyuguhkan slice of life yang bagus; bila anda mencari komedi saja.. saya rasa Hinamatsuri bukan pilihan yang tepat. Scene-scene slice of life dibawakan dengan tidak terlalu dramatis, namun sangat mengena di hati. Ini adalah jenis slice of life yang saya suka. Selain itu genre slice of life dengan baik bersatu dengan genre komedi, berkali-kali sukses menghasilkan kombinasi scene comedy-SoL yang bagus.

 

———Karakter———

Anime ini tentunya tidak hanya berpusat pada dua karakter saja. Ada banyak karakter lain yang membuat cerita ini menjadi unik dan berkesan. Telah saya katakan bahwa ada dua nuansa yang bisa kita temukan dari anime ini, yaitu yakuza dan anak-anak. Keduanya tidak hanya ‘ada’, namun juga saling berkaitan dalam ceritanya. Memanfaatkan lingkungan dan orang yang berkaitan dengan Nitta, serta lingkungan yang berkaitan dengan Hina (baik di dunia ini maupun dari dunianya sebelumnya), membuat anime ini memiliki banyak karakter yang bisa dimanfaatkan untuk membangun cerita.

Bahkan, salah satu teman Hina dari tempat tinggal Hina sebelumnya sangat berperan dalam cerita kali ini. Ia bisa dibilang sebagai tokoh utama ketiga yang sangat mempengaruhi cerita.

 

Hinamatsuri

 

———Kekurangan———

Kekurangan pertama pada anime ini sering dialami oleh anime bergenre komedi lainnya, jadi saya rasa bisa dimaafkan. Cara Hinamatsuri menyajikan komedi tidak terlalu unik. Seperti kebanyakan anime komedi lainnya, kita perlu membuang jauh-jauh ‘logika’ untuk menikmati anime ini; karena cukup banyak scene yang tidak logis. Selain itu teknik untuk membawakan komedi yang digunakan sudah cukup umum. Namun meskipun demikian, komedinya memang lucu dan menghibur.

Kekurangan yang kedua adalah, anime ini sama sekali tidak menerangkan atau mem-flashback kehidupan Hina dkk di tempat tinggalnya sebelumnya. Anime ini berkali-kali menyinggung masalah masa lalu Hina dkk, namun tidak pernah sedikitpun memperlihatkan seperti apa sebenarnya lingkungan tempat tinggal mereka. Ini benar-benar membuat saya penasaran.

Kemudian ada satu hal yang sangat mengganjal. Di awal cerita (dan di sinopsis juga) di katakan bahwa bila Hina tidak mengeluarkan kekuatannya secara rutin, maka kekuatannya bisa keluar secara paksa dan menghancurkan segala hal di sekitarnya. Konsep ini hanya ada di episode pertama dan tidak pernah sekalipun diungkit hingga akhir. Sebelumnya saya pikir konsep inilah yang justru akan menjadi konflik di sepanjang cerita, namun ternyata tidak. Tapi.. sebenarnya hal ini bisa kita abaikan. Toh jika terus-terusan memanfaatkan konsep ini untuk menghasilkan komedi, malah akan membosankan. Nyatanya cerita ini punya banyak cara lain untuk menghasilkan scene komedi.

 

———Kesimpulan———

Oke demikian review saya kali ini, bila anda menyukai anime bergenre comedy-SoL, Hinamatsuri adalah pilihan yang bagus. Kombinasi comedy-SoLnya benar benar bersatu dengan baik; selain itu ceritanya yang unik tidak akan Anda temukan di anime lain. Saya bisa katakan, anime ini tidak seperti apa yang anda pikirkan dengan hanya membaca sinopsis dan menonton trailernya saja. Namun bila anda mencari komedi saja.. sekali lagi Hinamatsuri bukan pilihan yang tepat.

 

———Season 2?———

Cerita Hinamatsuri sebenarnya telah berakhir di tengah episode 12. Berakhir dengan normal layaknya kebanyakan anime komedi lainnya yang tidak memiliki tujuan tertentu. Namun ternyata setengah episode 12 lainnya digunakan untuk memulai suatu cerita baru. Saya tidak membaca manganya jadi saya tidak tahu sepanjang apa ceritanya sebenarnya, tapi saya pikir bila tidak akan ada season 2, episode 12 seharunya diakhiri dengan normal saja, bukannya memulai suatu titik cerita baru.

 

PV

 

https://myanimelist.net/anime/36296/Hinamatsuri

Share this post :