Kishuku Gakkou no Juliet Episode 1 – 4 Review

Review Uncategorized

Merupakan anime ketiga yang paling saya tunggu / rencanakan untuk tonton di musim ini, akhirnya anime ini baru mulai saya tonton setelah episode keempat-nya rilis. Romance memang salah satu genre favorit saya, apalagi bila didampingi / dibumbui genre lain, yang pada anime ini adalah comedy dan sedikit aksi. Namun dilihat dari PV-nya, jelas sekali bahwa ini adalah anime ‘musiman’ yang bakal dipenuhi scene klise khas anime. Jenis anime yang anime banget.

Meskipun demikian, masih banyak penonton anime yang menyukai anime seperti ini. Termasuk saya yang pada akhirnya memutuskan untuk tetap menonton anime ini. Karena itulah anime dengan karakter seperti masih terus diproduksi sejak zaman dulu hingga saat ini.

 

Jumlah Episode : 12

Genre : Comedy, Romance, Action,  School, Shounen

Status : Airing (sejak 6 Oktober 2018)

Studio : LIDENFILMS (salah satu studio papan atas yang telah menghasilkan banyak anime bagus. Yang paling terkenal mungkin Yamada-kun to 7-nin no Majo)

Sumber : Manga (status: publishing since 9 Juli 2015, 49 chapters)

Director : Seiki Takuno (Koi to Uso, Yamada-kun to 7-nin no Majo, dll)

OP Theme Song : “Love with You” by fripSide

ED Theme Song : “Itsuka Sekai ga Kawaru made” by Riho Iida

 

Sebenarnya sejak pertama kali lihat pv-nya, dan tahu kalau anime ini diproduksi oleh LIDENFILMS, maka anime yang terbayang oleh saya adalah Koi to Uso dan Yamada-kun. Dan ternyata memang demikian. Anime ini disutradarai oleh orang yang sama, dan karena itu nuansa/karakter animenya akan terasa sama.

Meskipun saya bilang diatas bahwa ini adalah anime musiman, namun melihat skor manga ini yang cukup bagus untuk untuk manga romcom yaitu 7.88 di MAL, saya Kishuku Gakkou no Juliet tidak akan seburuk yang saya pikirkan. Bisa jadi masih menang di comedynya.

fripSide sebagai pengisi opening theme anime ini adalah bonus bagi saya, karena saya suka lagu-lagu dari fripSide yang sejak dulu karakter lagunya masih sama. Yang paling terkenal (karena animenya juga) adalah “only my railgun”, yang merupakan opening theme Toaru Kagaku no Railgun. Namun saya pertama kali tahu fripSide dari opening theme anime Black Bullet yang juga berjudul “black bullet”.

 

Sinopsis :

Cerita berlatar di Grigio Academy Boarding School, dimana para siswa berasal dari dua negara yang saling bersaing yang dikenal sebagai “Kuro Inu” (Anjing Hitam) dan “Shiroi Neko” (Kucing Putih). Juliet Persia dan Romio Inuzaka adalah siswa dari sekolah tersebut yang juga merupakan pemimpin dari masing-masing negara. Namun diam-diam, mereka berdua saling menyukai, dan harus merahasiakan hubungan mereka dari siswa lain sembari berusaha menghindari masalah.

 

Kishuku Gakkou no Juliet

 

Review :

———Konflik———

Dari sinopsis memang sudah dikatakan dengan jelas bahwa “mereka berdua saling menyukai, dan harus merahasiakan hubungan mereka dari siswa lain….”, namun saya tidak menduga, atau bahkan kecewa, karena di episode pertama (meskipun di akhir episode) mereka sudah jadian. Saya pribadi lebih berharap mereka tidak sebegitu cepat ‘langsung pacaran’. Setidaknya saya harap di akhir episode 2 atau 3, agar cerita dan proses mereka berdua untuk bisa pacaran lebih bisa dinikmati atau melalui beberapa konflik terlebih dahulu. Saya bisa mengerti kalau penulis cerita ingin fokus cerita ini berada setelah mereka pacaran, yaitu bagaimana mereka bisa merahasiakan hubungan mereka dan menghindari masalah; namun tetap saja, saya rasa akan lebih baik apabila cerita sebelum jadiannya lebih panjang.

Dengan konflik utama yang telah dimunculkan sejak episode pertama (bagaimana mereka menyembunyikan hubungan mereka), maka yang bisa dilakukan cerita ini adalah dengan menambahkan konflik-konflik kecil untuk setiap episodenya, hingga konflik utamanya selesai di episode dua belas nanti, entah apakah akhirnya mereka bisa terus bersama atau tidak. Bila Anda sudah banyak menonton anime, maka teknik seperti ini sudah sering Anda lihat; dimana pada suatu anime, setiap satu episode ada satu permasalahan yang muncul dan diselesaikan di episode itu juga, seterusnya seperti itu sambil menjalankan cerita utamanya hingga ceritanya berakhir/episodenya habis. Pada anime ini sendiri, konflik per episode ini dipicu dengan munculnya karakter baru, atau dengan menggunakan karakter utama lain untuk menjadi fokus cerita pada episode itu sekaligus menjadi pemicu konflik. Selama empat episode ini, saya tidak menyangka bahwa saya masih bisa terbawa emosi oleh konflik per episode ini. Saya akui konfliknya bagus, cukup bagus untuk bisa memainkan emosi Anda.

 

———Keunikan (ada spoiler dikit)———

Tentunya dengan karakter anime seperti ini yang sudah jelas bahwa ini anime musiman yang akan memiliki banyak scene dan karakter yang klise, Kishuku Gakkou no Juliet harus memiliki sesuatu yang membedakannya dari anime romcom musiman lainnya.

Salah satu keunikan anime ini yang paling saya sukai adalah kemampuan main heroine untuk bisa berganti ‘karakter’. Salah satu solusi yang mereka dapatkan untuk menjaga kerahasiaan hubungan mereka adalah dengan membuat main heroine (Persia) menyamar sebagai laki-laki dan menjadi salah satu siswa Kuro Inu. Pergantian karakter ini benar-benar bagus dan berbeda. Mulai dari tampilan fisik, suara, dan sifat Persia menjadi berbeda. Karena hal ini, kita bisa mendapatkan dua tipe/karakter main heroine di satu anime dengan hanya menggunakan satu karakter.

 

———Komedi———

Seperti yang saya duga (kenapa skor manganya bisa tinggi), Kishuku Gakkou no Juliet menang di komedinya. Atau setidaknya komedinya memang lucu. Meskipun kebanyakan komedinya adalah komedi model anime yang sudah sering digunakan (seperti kalau berdarah bisa ngucur deres), dan seringkali memanfaatkan pemicu dimana karakter utama harus menyembunyikan hubungan mereka dengan cara apapun, scene komedi pada anime ini berhasil tereksekusi dengan baik.

Komedi pada anime ini mengambil bagian yang cukup besar; bahkan sayangnya, terkadang mengganggu scene romance yang sedang berjalan / terbangun. Hal ini untuk saya yang penikmat romance, sangat disayangkan. Scene romance jadi kurang bisa dinikmati karena terkadang tiba-tiba entah dari mana ada komedi yang lewat. Namun ingat, saya tidak mengatakan ‘selalu’. Hanya saja sering begitu. Tentunya tetap ada scene yang benar-benar difokuskan untuk romancenya.

 

———Kesimpulan———

Kelebihan dan kekurangan anime ini telah saya sebutkan dalam berbagai uraian saya di atas, jadi saya tidak memberikan pembahasan khusus untuk itu. Karena itu setelah membaca review ini, sisanya terserah Anda apakah ingin menonton anime romcom musiman musim Fall 2018 ini atau tidak. Selama saya menonton empat episode pertama ini, saya bisa bilang anime ini cukup bagus untuk anime musiman.

 

PV 1

PV 2

 

https://myanimelist.net/anime/37475/Kishuku_Gakkou_no_Juliet

Share this post :