Mahou Shoujo Site

complete Review

Akhirnya kita sampai di penghujung musim, saat dimana anime TV yang sedang airing habis masa tayangnya. Dan berikut, anime Spring 2018 pertama yang akan saya review, Mahou Shoujo Site.

Bergenre psikologikal, membuat anime ini masuk ke daftar anime spring 2018 yang saya tonton pada masa airingnya. Untuk yang mengikuti review/post saya, mungkin sebelumnya telah membaca dua review saya untuk anime ini; review episode pertama dan review episode satu hingga lima. Ya, ini review yang ketiga dan terakhir saya untuk anime ini.. yang mana sepertinya tidak akan jauh berbeda dengan review-review sebelumnya.

Pada dua review sebelumnya saya suka membandingkan Mahou Shoujo Site dengan Mahou Shoujo Madoka★Magica, karena kesamaan genre dan konsep cerita; saya juga dari awal mengatakan bahwa sepertinya cukup sulit bagi anime ini untuk mengalahkan Madoka★Magica karena yah.. Madoka terlalu luar biasa. Dan akhirnya setelah saya ikuti Mahou Shoujo Site selama tiga bulan, kenyataannya memang demikian.

 

Tipe : TV Series

Jumlah Episode : 12

Genre : Drama, Horror, Psychological, Supernatural

Masa Tayang : 7 April 2018 – 23 Juni 2018

Studio : production doA

Sumber : Manga (story & art by Satou Kentarou, terbit sejak 11 Juli 2013)

Director : Matsubayashi Tadahito

Character Design : Sakae Shibuya (Kimi ni Todoke s2)

OP Theme : “Changing point” by i☆Ris

ED Theme : “Zenzen Tomodachi” by Shizukume Sarina (CV: Haruka Yamazaki)

 

Mahou Shoujo Site adalah manga spin-off dari manga berjudul Mahou Shoujo of the End / Magical Girl Apocalypse yang juga dibuat oleh Satou Kentarou; dan hasil karya dari beliau hanya dua manga itu saja. Kemudian studio production doA juga baru pertama kali memproduksi anime (setau saya). Jadi.. saya tahu bila dilihat dari informasi diatas saya tidak seharusnya menaruh harapan yang besar untuk anime ini, namun sinopsis dan trailernya benar-benar terlihat meyakinkan, jadi pada awalnya saya harap animenya juga demikian.

Fans i☆Ris? Mereka cukup banyak berpartisipasi dalam anime ini. Selain OP yang dinyanyikan oleh i☆Ris, Himika Akaneya dan Yuu Serizawa yang merupakan member i☆Ris turut mengisi suara dari karakter anime ini. Dan pada episode ketiga, bersamaan dengan munculnya karakter Anazawa Nijimi yang diisi oleh Yuu Serizawa, ia membawakan charater songnya untuk ending theme episode tersebut.

 

Gambar terkait

 

Sinopsis :

Asagiri Aya adalah gadis muda yang menjadi korban pembulian di sekolahnya. Tidak hanya di sekolah, di rumah juga dia kerap disiksa. Ketika sedang beristirahat karena kelelahan setelah disiksa kakaknya, sebuah situs bernama “Mahou Shoujo Site” tiba-tiba terbuka di laptopnya. Aya telah diundang untuk memasuki dunia kemalangan mahou shoujo.

 

Review :

Sebelumnya perlu saya sampaikan dan ingatkan.. ini adalah review anime Mahou Shoujo Site, jadi saya tidak peduli cerita di manganya sebenarnya seperti apa, sepanjang apa, maupun berakhir seperti apa.

Sepertinya memang harapan saya terlalu tinggi untuk mengharapkan Mahou Shoujo Site memiliki kualitas cerita yang sebaik Madoka. Apa yang saya saksikan di anime ini sebagian besar klise; karakternya, scene-scenenya, dialognya, dll. Satu hal yang membuat anime ini bagus adalah ide dan alur ceritanya yang ‘sebenarnya’ bagus. Sebenarnya? Jadi sebenarnya bagaimana? :v

Oke, seperti review sebelumnya, saya akan membahas anime ini menjadi beberapa bagian.

 

———Karakter Utama: Asagiri Aya———

Seingat saya ini adalah satu-satunya karakter utama protagonis yang saya benci. “KENAPA??” (*tertampar fans).

Ini masalah suka-atau-tidak-suka sih, mungkin hanya saya yang benci dengan Asagiri Aya. Jadi Asagiri ini adalah gadis yang sangat pemalu, tidak bisa berkomunikasi dengan baik dengan orang lain, tidak bisa berjuang keras melawan masalah yang dia hadapi, dan berbagai sifat karakter perempuan lemah lainnya :v. Di sepanjang cerita, dari awal hingga akhir, ia memegang erat karakternya ini dengan sangat baik. Sangat-sangat baik hingga saya jengkel. Setiap saya menonton anime ini saya selalu berkata dalam hati: ‘Hei, kenapa gadis selemah kamu ada di cerita yang mengenaskan dan keras seperti ini’.

Ya. Saya tahu karakter seperti dia memang diperlukan. Drama adalah genre utama di cerita ini, jadi karakter seperti ini memang dibutuhkan untuk memunculkan scene-scene drama, yang memang faktanya hampir semua scene drama pada anime ini dipicu oleh Asagiri. Hal ini adalah satu-satunya alasan saya bisa memaafkan keberadaan karakter seperti ini di Mahou Shoujo Site.

Tapi tidak, hehe. Tidak termaafkan! Saya berharap Asagiri mengalami perkembangan mental di cerita ini. Saya berharap Asagiri semakin lama semakin kuat, sehingga di akhir bisa jadi ganass. Tapi yang terjadi adalah Asagiri sangat setia dengan karakternya yang ia bawa dari awal. Oke cukup sekian dengan Asagiri Aya.

 

 

———Cerita———

Di awal saya telah mengatakan salah satu kekurangan dalam anime ini, yaitu penuh dengan klise. Namun kekurangan yang paling terasa menurut saya adalah ketidakmampuannya/kegagalannya dalam mengambil emosi penonton. Kebanyakan scene-scene yang harusnya terasa emosional, malah rasanya terlalu melebih-lebihkan hingga awkward ketika menontonnya. Hanya sedikit scene yang benar-benar bisa merebut emosi saya. Tentunya ini yang paling mempengaruhi kualitas ceritanya. Cerita yang seharusnya memiliki potensi bagus menjadi kurang bisa dinikmati. Ini pendapat saya, karena saya kurang begitu suka drama yang.. terlalu dramatis. Terlalu melebih-lebihkan Mungkin untuk penikmat genre drama baik-baik saja atau malah menikmatinya.

Untuk jalan ceritanya sendiri cukup simple. Ceritanya juga tidak dibuat rumit; tidak ada plot twist dan tidak ada manipulasi waktu (mengingat ini cerita sihir yang biasanya, dan bisa ada manipulasi waktu). Cerita ini terbagi menjadi dua bagian, atau dua konflik besar. Konflik pertamanya akan dimunculkan dan terasa sejak episode tiga, yang kemudian bersambung dengan konflik/permasalahan keduanya yang dimunculkan pada episode enam.

Sebenarnya ide ceritanya dan alur ceritanya bagus, sudah saya katakan di awal tadi. Mungkin anda sudah cukup sering menonton anime yang kesannya sama: penyihir, dipenuhi kekuatan supernatural, dipenuhi gadis, dll. Saya sendiri juga. Namun anime ini mampu membuat saya tertarik mengikuti ceritanya. Mampu membuat saya penasaran apa yang sebenarnya ada di ujung cerita sana.

Sayangnya semua itu terbuang percuma dengan eksekusi yang kurang bagus dari berbagai segi. Jujur awalnya, saya sangat menyukai episode pertama dan kedua anime ini. Namun lama kelamaan, anime ini semakin tidak memenuhi harapan.

 

———Animasi———

Nah. Ini. Ini dia. Untuk kebanyakan penonton anime ‘baru’ setau saya akan menggunakan animasi sebagai salah satu poin pertimbangan yang cukup besar apakah anime ini akan ditontonnya atau tidak; apakah anime ini bisa dia nikmati atau tidak. (kebanyakan teman-teman saya demikian). Dan sayangnya, mengingat Mahou Shoujo Site adalah karya pertama studio production doA, animasinya tidak cukup bagus. Apalagi untuk anime yang bertema sihir, yang Anda tahu sendiri akan lebih apik bila animasinya mewah.

 

———Kesimpulan———

Jadi. Kecuali Anda memiliki alasan kuat untuk menonton atau tertarik dengan anime ini karena suatu alasan.. ( seperti saya (?) ) sebaiknya tidak saja.

 

PV

 

https://myanimelist.net/anime/36266/Mahou_Shoujo_Site

Share this post :