My Top Fall 2018 Plan-to-Watch List

Article

Tidak terasa seminggu lagi musim gugur akan datang. Berbagai judul anime baru telah siap untuk kita saksikan. Banyak informasi untuk anime Fall telah bertebaran bahkan sejak musim semi; yang bila Anda tidak terlalu update info sehingga masih bingung atau tidak tahu anime apa yang sebaiknya Anda tonton pada musim besok, pada artikel ini saya akan sharing anime apa saja yang masuk ke dalam plan-to-watch saya untuk Fall 2018 mendatang (anime baru/new title/bukan sequel).

Kenapa saya buat artikel atau list seperti ini? Tentunya karena saya tidak memiliki cukup waktu untuk menonton semua anime yang akan tayang pada musim tersebut. Jadi setelah berburu informasi, saya kemudian memilih dengan baik mana anime yang layak atau menarik untuk saya tonton ketika sedang airing/on-going.

Dan beberapa anime-anime yang masuk daftar inilah, yang akan anda lihat di kategori review on-going anime. Biasanya di situ hanya ada 5-6 anime yang pada akhirnya saya saksikan setiap musimnya dan kemudian saya review.

Untuk list kali ini, ada tujuh judul anime Fall 2018 yang menarik perhatian saya. Jumlah ini lebih sedikit dari musim sebelumnya, dimana ada sepuluh anime yang menjadi kandidat. Ini karena pada musim depan banyak anime bergenre fantasy, genre yang tidak terlalu saya suka. Seperti biasa, genre yang paling banyak mengisi list kali ini adalah romance, salah satu genre favorit saya; sementara genre lain yang saya suka, yaitu psychological, tidak hadir di musim depan. Hal ini benar-benar membuat saya sedih. Tidak cukup sampai disitu, genre mystery bahkan hanya ada di dua judul anime. Rasanya fakta bahwa pangsa anime sekarang lebih ke romance comedy atau fantasy isekai tidak bisa dihindarkan.

 

Intro saya sudah terlalu panjang  :mrgreen: jadi berikut my plan-to-watch list anime for Fall 2018.

 

1. Irozuku Sekai no Ashita kara

Irozuku Sekai no Ashita kara

Top 1 anime new-title yang pasti akan saya tonton pada musim depan adalah Irozuku Sekai no Ashita kara. Oh ya, list ini memang saya urutkan dari yang paling saya nantikan, sampai yang ‘masih saya pertimbangkan dulu’.

informasi singkat & sinopsis

Genre: Drama, Magic, Romance

Studio: P.A. Works

Source: Original

Director: Shinohara Toshiya (InuYasha, Kuroshitsuji, Nagi no Asukara, Sayonara no Asa ni Yakusoku no Hana wo Kazarou, dll)

Sinopsis: Berlatas di Nagasaki, diceritakan bahwa keberadaan sihir masih ada di dunia, meskipun hanya sedikit. Hitomi Tsukihiro adalah keturunan penyihir yang berusia 17 tahun. Ia sering terlihat murung dan suram karena ketidakmampuannya melihat warna sejak muda (mungkin karena sihirnya). Merasa kasihan pada cucunya tersebut, Kohaku, seorang penyihir hebat, mengirim Hitomi ke masa lalu, di tahun 2018. Melalui pertukaran dengan neneknya yang saat itu masih berusia 17 tahun dan bersama anggota klubnya, anime ini akan menceritakan kehidupan Hitomi.

Saya suka genrenya, studio tidak perlu diragukan lagi kehebatannya, dan sutradaranya juga sudah berpengalaman mensutradarai anime yang penuh drama dan feeling, seperti Nagi no Asukara. Setelah membaca sinopsis dan melihat trailernya, saya semakin yakin ‘ini anime gue banget’.

 

2. Yagate Kimi ni Naru

Yagate Kimi ni Naru

WTF ANIME YURI NOMOR 2 !1!1!

Saya harap Anda tidak langsung meragukan list ini. Mengingat anime shoujo-ai yang baru saja tayang 2 musim lalu, Citrus, saya jadi ingin menonton anime bergenre shoujo-ai lagi; yang sayangnya pada musim ini (Summer 2018) tidak ada. Setelah menonton Citrus, yang menurut saya cukup bagus konfliknya, saya rasa anime ini juga patut diberi kesempatan. Skor manganya pada MAL juga cukup tinggi, sebesar 8,35.

informasi singkat & sinopsis

Genre: School, Shoujo-ai

Studio: TROYCA (Aldnoah.Zero, Re:Creators, Sakurako-san no Ashimoto ni wa Shitai ga Umatteiru)

Source: Manga

Sinopsis: Yuu sangat menyukai manga shoujo, dan berharap suatu hari mendapat pengakuan cinta yang mampu membuat hatinya berdebar-debar dan membuat mukanya memerah. Namun suatu hari, ketika teman sekelasnya melakukan pengakuan cinta kepadanya, Yuu tidak merasakan apa-apa. Ia merasa kecewa dan bingung. Masih membawa perasaanya tersebut, ia kemudian masuk SMA tanpa tahu bagaimana harus merespon pengakuan cinta tersebut. Pada saat itulah Yuu melihat ketua OSIS yang cantik, Nanami, yang dengan anggun dan dewasa menolak seseorang yang mengakui perasaannya. Yuu kemudian mencoba untuk meminta saran dari Nanami; namun apa yang terjadi bila orang berikutnya yang menembak Yuu adalah Nanami sendiri?

Dilihat dari genrenya, ini pure romance, sama seperti citrus. Intinya bila Anda suka genre shoujo-ai, langsung saja.

 

3. Kishuku Gakkou no Juliet

Kishuku Gakkou no Juliet

informasi singkat & sinopsis

Genre: Action, Comedy, Romance, School, Shounen

Studio: LIDENFILMS (salah satu studio papan atas yang telah menghasilkan banyak anime bagus. Yang paling terkenal mungkin Yamada-kun to 7-nin no Majo)

Source: Manga

Sinopsis: Cerita berlatar di Grigio Academy Boarding School, dimana para siswa berasal dari dua negara yang saling bersaing yang dikenal sebagai “Kuro Inu” (Anjing Hitam) dan “Shiroi Neko” (Kucing Putih). Juliet Persia dan Romio Inuzaka adalah siswa dari sekolah tersebut yang juga merupakan pemimpin dari masing-masing negara. (Dari namanya, Persia (cewek) adalah pemimpin Kucing Putih sementara Inuzaka (cowok) pemimpin Anjing Hitam). Namun diam-diam, mereka berdua saling menyukai, dan harus merahasiakan hubungan mereka dari siswa lain sembari berusaha menghindari masalah.

Dari genre, sinopsis, dan trailernya, ini anime yang ‘anime banget’. Karakter dan sifatnya banyak yang klise. Namun se-klise apapun, anime memang memiliki daya tariknya sendiri diantara fans; termasuk saya yang memutuskan untuk meletakkan anime ini di urutan ketiga. Studio LIDENFILMS yang telah menghasilkan banyak anime bagus juga membuat saya tertarik.

 

4. Ingress the Animation

Ingress the Animation

Ini adalah satu-satunya anime di list ini yang paling ‘berat’ atau ‘mikir’ atau ya.. seperti itu lah. Jenis anime yang saya suka. Namun sayangnya, anime ini kurang populer, sehingga saya takut tidak tersedia di website favorit Anda. IYKWIM.

informasi singkat & sinopsis

Genre: Action, Game, Mystery, Sci-Fi

Studio: Craftar

Source: Game

Sinopsis: Sebuah projek diluncurkan semenjak ilmuan menemukan zat misterius yang dapat berinteraksi langsung dengan otak manusia. Zat tersebut bernama “Exotic Matter” (XM), yang kemudian diketahui telah ada sejak zaman kuno, mampu mempengaruhi pikiran dan perkembangan umat manusia. Semenjak penemuan zat ini, pertempuran antara negara-negara kuat dan perusahaan raksasa tidak dapat dielakkan. Berbagai organisasi di dunia telah memulai perlombaan secara rahasia untuk mengeksploitasi XM. Perlombaan ini merupakan suatu peluang dan juga ancaman bagi umat manusia. Ada dua fraksi yang berusaha mengendalikan XM. The Enlightened melihat kekuatan XM sebagai hadiah yang dapat meningkatkan wawasan dan pengalaman manusia. Sementara The Resistence menganggap XM sebagai pengambilalihan pikiran manusia yang kejam; mereka lebih memilih teknologi biasa sebagai jalan untuk perkembangan umat manusia. XM, beserta misteri di baliknya berada di tengah pertempuran untuk nasib umat manusia.

2018—Sekarang, sebuah persaingan baru akan segera terungkap di Tokyo dan seluruh dunia. Pihak-pihak kuat dan berbahaya yang sama-sama ingin memanfaatkan potensi XM akan saling beradu. Sebuah projek inovatif akan menandai awal dari pengalaman augmented-reality epic yang menggabungkan tiga elemen animasi, game berbasis lokasi, dan dunia nyata.

Mungkin karena Craftar, sebagai studio pembuat anime ini adalah studio baru, anime ini jadi tidak terlalu populer.  Namun saya akan menaruh harapan pada anime ini karena baik genre, sinopsis, dan PVnya terlihat menjanjikan. Satu hal yang saya tidak terlalu suka adalah genre sci-fi yang terlihat terlalu berlebihan di PVnya, sehingga anime ini terlalu tidak terkesan realistis.

 

5. Sono Toki, Kanojo wa.

Sono Toki, Kanojo wa.

Ini adalah anime yang informasinya paling abstrak dan juga memiliki tingkat kepopularitasan paling kecil di list ini. Namun saya tertarik setelah melihat genre, sinopsis, dan PVnya.

informasi singkat & sinopsis

Genre: Drama, Romance

Studio: MASTER LIGHTS

Source: Original

Sinopsis: Anime ini berlatar di Fukuoka, dan akan menceritakan kisah cinta dari empat heroine, yaitu seorang siswi SMA, mahasiswi, serta wanita yang telah bekerja/dewasa.

Cukup simple, namun hal itulah yang menarik perhatian saya. Kekurangannya sama seperti list nomor 4, anime ini adalah garapan pertama dari studio pembuatnya, MASTER LIGHTS.

 

6. Release the Spyce

Release the Spyce

Untuk anime ini, saya akan jujur saja bahwa sepenuhnya saya ingin menonton karena saya suka anime aksi-wanita-martial arts. PVnya juga keren-keren.

informasi singkat & sinopsis

Genre: Action, School

Studio: Lay-duce (Classroom☆Crisis, Fate/GO, Itsudatte Bokura no Koi wa 10 cm Datta.)

Source: Original

Sinopsis: Anime ini bercerita tentang Momo Minamoto yang merupakan seorang siswi SMA di Kota Sorasaki. Namun tanpa sepengetahuan orang-orang, ia adalah anggota Tsukikage, badan intelijen swasta yang bertugas melindungi kota dan warganya. Sebagai anggota baru agensi, di bawah pengawasan seniornya Yuki, dan teman-teman sesama agen yang lain, mereka bekerja sama untuk menjaga ketenangan di Kota Sorasaki.

berikut artikel informasi di web ini.

 

7. Ore ga Suki nano wa Imouto dakedo Imouto ja Nai

Ore ga Suki nano wa Imouto dakedo Imouto ja Nai

Anime dengan tema imouto sepertinya tidak pernah absen di setiap musimnya. Dan, saya cukup menyukai romance imouto karena pasti romancenya imut dan lucu. Namun disisi lain saya juga sudah rada bosan, selain itu biasanya ceritanya tidak terlalu bagus, atau bisa dibilang datar dan hanya menjual keimutan romancenya saja; karena itu anime ini ada di list terakhir.

informasi singkat & sinopsis

Genre: Romance, Comedy

Studio: NAZ, Magia Doraglier

Source: Light Novel

Sinopsis: 

Seri ini bercerita tentang kisah komedi romantis antara seorang adik perempuan bernama Suzuka Nagami dan kakak laki-lakinya, Yuu Nagami. Suzuka adalah seorang siswi cantik yang duduk di kelas tiga SMP dan merupakan seorang ketua OSIS; tidak hanya itu, ia adalah siswi yang memperoleh peringkat atas di sekolahnya. Diam-diam Suzuka menulis novel yang bercerita tentang seorang adik perempuan yang sangat menyayangi kakak laki-lakinya, dan novel tersebut berhasil memenangkan penghargaan light novel.

Namun karena tema light novelnya yang demikian, setelah berdiskusi dengan kakaknya, akhirnya Yuu bersedia untuk berpura-pura menjadi author novel tersebut menggantikan adiknya, dengan nama pena Chikai Towano. Meskipun Yuu sendiri tidak paham mengenai light novel maupun moe-love-comedy.

Setelah karir Suzuka mulai meningkat, Suzuka memaksa Yuu untuk kencan bersamanya sebagai bahan inspirasi untuk novelnya; namun rupanya adik perempuan yang Yuu sukai adalah yang ada di novel Suzuka, bukan Suzuka sendiri.

berikut artikel informasi di web ini.

 

Oke, demikian ketujuh anime yang mungkin akan saya tonton di musim Fall 2018. Semoga artikel ini membantu Anda, terutama bila Anda menyukai genre yang juga saya sukai. Dan seperti biasa, saya juga akan segera mereview episode pertama anime tersebut segera setelah rilis di kategori review on-going anime; Mungkin anda tertarik dengan anime yang saya tonton.

Terimakasih telah membaca.

Share this post :