Yagate Kimi ni Naru Episode 1 – 2 Review

Review Uncategorized

Top 2 my plan-to-watch Fall 2018 anime ini akhirnya saya putuskan untuk tonton (hingga akhir nanti). Alasannya seperti yang telah saya sampaikan pada artikel my top fall 2018 plan to watch list sebelumnya; yaitu karena saya jadi suka genre shoujo-ai setelah menonton Citrus. Apalagi pada musim sebelumnya (Summer 2018), tidak ada anime bergenre shoujo-ai yang semakin menambah rasa kangen saya pada anime bergenre shoujo-ai.

 

Jumlah Episode : 13

Genre : School, Shoujo Ai

Status : Airing (sejak 5 Oktober 2018)

Studio : TROYCA (Aldnoah.Zero, Re:Creators, Sakurako-san no Ashimoto…, IDOLiSH7)

Sumber : Manga (story & art by Nakatani Nio; terbit sejak 27 April 2015. Masih publishing, saat ini 35 chapter.)

Director : Katou Makoto (Re:Creators, Sakurako-san no Ashimoto…, dll)

Character Design : Gouda Hiroaki (Amagami SS, Koi to Senkyo to Chocolate)

OP Theme Song : “Kimi ni Furete” by Riko Azuna

ED Theme Song : “hectopascal” by Yuu Koito (CV: Yuuki Takada) dan Touko Nanami (CV: Minako Kotobuki)

 

TROYCA adalah studio yang cukup multitalent, apalagi dengan project anime ini. Rasanya segala genre bisa mereka buat, dan dengan baik. Jadi dengan semua anime bagus yang telah mereka kerjakan, saya harap anime ini juga turut tergarap dengan baik.

Skor manganya sendiri cukup bagus. 8.36 di MAL, dan mendapat rating yang tinggi juga di berbagai situs baca manga.

Jadi saya harap anime ini bisa memenuhi, atau bahkan melebihi harapan saya.

 

Yagate Kimi ni Naru

 

Sinopsis :

Yuu sangat menyukai manga shoujo, dan berharap suatu hari mendapat pengakuan cinta yang mampu membuat hatinya berdebar-debar dan membuat mukanya memerah. Namun suatu hari, ketika teman sekelasnya melakukan pengakuan cinta kepadanya, Yuu tidak merasakan apa-apa. Ia merasa kecewa dan bingung. Masih membawa perasaanya tersebut, ia kemudian masuk SMA tanpa tahu bagaimana harus merespon pengakuan cinta tersebut. Pada saat itulah Yuu melihat ketua OSIS yang cantik, Nanami, yang dengan anggun dan dewasa menolak seseorang yang mengakui perasaannya. Yuu kemudian mencoba untuk meminta saran dari Nanami; namun apa yang terjadi bila orang berikutnya yang menembak Yuu adalah Nanami sendiri?

 

Review :

Dua episode pertama anime ini benar-benar mengesankan. Dilihat dari berbagai sisi, anime ini sesuai dugaan saya memang tergarap dengan baik. Meskipun sebenarnya tidak terlalu banyak yang akan saya katakan, mari kita bahas satu-per-satu agar lebih jelas.

 

———Kamera———

“Ngapain bahas kamera di anime?”. Ya… karena memang hal pertama dan paling berkesan yang akan Anda kagumi ketika menonton anime ini adalah sudut ‘pengambilan gambarnya’. Memang rasanya seperti membahas film, namun beberapa sudut pengambilan gambar di anime ini unik dan akan langsung Anda sadari (bila Anda peka :v). Sudut yang tidak biasa ini meninggalkan kesan tersendiri bagi saya. Ada beberapa yang rasanya seperti film, ada beberapa yang memang benar-benar unik. Hal ini adalah salah satu poin plus bagi anime ini yang sekaligus membuatnya terasa ‘beda’ dan segar.

 

———Scene———

Salah satu kekurangan anime (secara luas) adalah sering muncul scene yang klise. Sering sekali. Banyak alur percakapan dan reaksi para tokoh yang seringkali (sangat) bisa kita duga. Apalagi bila Anda termasuk penonton anime veteran :v .

Nah, pada anime ini, banyak scene yang tidak kita duga. Saya rasa yang akan menyadari hal ini adalah kalian yang sudah menonton banyak anime. Ketika menonton (berbagai anime secara luas), saya sering berpikiran ‘paling akan seperti ini..’ atau ‘nanti paling dianya bakal gini terus gitu..’, dan sering kali dugaan saya benar. Namun pada anime ini, banyak scene yang diluar dugaan saya yang tentunya membuat saya terkejut. Banyak scene yang tidak biasanya terjadi di anime yang membuat Yagate ni Naru menjadi berbeda (dari anime lain) sekaligus membuat ceritanya terasa lebih ‘real’.

 

Yagate Kimi ni Naru

 

———Cerita (No Spoiler. Trust Me)———

Sinopsisnya jelek. Hahahah. Sinopsisnya aja tapi. Serius. Cerita Yagate ni Naru benar-benar jauh lebih bagus daripada apa yang digambarkan di sinopsis. Ketika saya membaca sinopsisnya, saya tidak berharap lebih daripada cerita shoujo-ai yang manis dengan sedikit konflik. Namun setelah dua episode ini; memang baru dua episode sih, tapi ceritanya bagus dan bisa saya rasakan bahwa kedepannya akan lebih bagus.

Mungkin saya jelaskan saja di sini. Konfliknya tidak simple. Tidak semurah dua orang gadis yang sejak awal sudah tertarik satu-sama-lain namun pada bingung karena sama sama cewek :v. Iya. Saya menyinggung Citrus kalau Anda tidak paham. Tidak juga semurah anime yang langsung terang-terangan mengumbar scene shoujo ainya. *Citrus lagi*.

Di Yagate ni Naru, romancenya di bangun dengan pelan. Tentunya sudah ada salah satu main character yang dibuat menyalahi kodrat sejak awal. Hahahha. Mau bagaimana lagi. Namanya juga shoujo-ai. Gimana mau muncul shoujo-ainya kalau ngga ada yang nyalahi kodrat. Yang membuat cerita ini menarik adalah main character satunya yang bernama Yuu. Yang bila Anda baca di sinopsis “tidak merasakan apapun setelah ditembak teman sekelasnya”. Yuu ini adalah karakter yang unik. Secara singkat, ia sulit jatuh cinta. Bukan tidak tertarik pada romance, namun benar-benar susah jatuh cinta sama orang lain. Tidak hanya itu, di awal cerita ini (tepatnya pada episode dua agak akhir), ia bahkan dibuat ‘benci’ dengan Nanami (m.c. satunya). Sama sekali bukan tsundere. Ia tidak suka dan iri dengan dengan Nanami. Inilah yang menarik dan merupakan bahan konflik yang bagus.

 

———Kesimpulan———

Pecinta shoujo-ai mashoookk!

Untuk yang bukan penikmat shoujo-ai, hmm.. ya.. saya belum berani merekomendasikan anime ini karena baru dua episode. Apalagi apabila ketakutan terbesar saya terjadi. Yaitu apabila di episode tiga nanti, tiba-tiba, entah kesambet apa, Yuu jadi suka sama Nanami. Kalau itu yang bakal terjadi, well, ini akan jadi cerita shoujo-ai yang biasa. Namun dua episode pertama Yagate ni Naru ini bagus.

 

PV 1

PV 2

 

https://myanimelist.net/anime/37786/Yagate_Kimi_ni_Naru

Share this post :